Cara Memaksimalkan Daya Pancar Modem Wifi

loading...
Cara memaksimalkan daya pancar router wifi yang dalam hal ini modem yang dipakai sebagai akses poin (hotspot) di rumah yang biasanya dipakai pada modem ADSL speedy atau indihome maupun router 3G GSM yang bisa dibeli ditoko elektronik.

*) Modem: alat yang digunakan agar bisa terhubung dengan internet secara langsung biasanya melalui kabel UTP LAN

*) Router: alat yang mengubungkan modem dengan perangkat penerima (PC/Laptop/Android) melalui jaringan wifi.

*) Pada modem ADSL Speedy/Indihome untuk saat ini sudah include antara modem+router wifi didalamya. Contoh: Modem Indihome TP-Link TD-W8961N (include Modem+Router).



Berikut beberapa cara memaksimalkan daya pancar/jangkauan router wifi:

1. Posisikan antena router wifi tegak lurus (vertikal), jangan dimiringkan. Karena daya pancar terkuat berada tepat ditengah2 antena. Berikut ilustrasinya:




2. Jangan menempatkan router langsung diatas tanah karena akan terjadi grounding sehingga menyebabkan sinyal yang dipancar akan diserap langsung oleh bumi (saran: sebaiknya modem diletakkan diatas meja).

3. Jangan letakkan router terlalu dekat dengan tembok atau perangkat elektronik (TV,dll) karena akan mengganggu kualitas pancaran router wifi.

3. Letakkan router wifi minimal setinggi 1 meter dan maksimal 1,5 meter dari permukaan tanah (setinggi perangkat laptop/android biasa digunakan baik posisi duduk maupun berdiri/bejalan).

4. Gunakan antena penguat sinyal router wifi. Silahkan baca di melaui link dibawah ini :
Baca: Antena Penguat Sinyal Modem Wifi ADSL/3G



5. Tempatkan router wifi di tempat yang bisa menjangkau seluruh isi rumah/ruangan, misal ditengah ruang (jangan langsung datas lantai/ jangan pojok ruang/atau jangan didalam lemari).


6. Pilih channel router wifi pada channel 1 atau channel terendah. Karena semakin rendah channel maka akan semakin rencah frequensi pemancar pada router wifi (semakin rendah frequansi maka jarak jangkau akan semakin jauh).

7. Ganti antena router dengan antena yang memiliki penguatan sinyal (high gain) lebih besar.

8. Gunakan router wifi yang memiliki daya pancar (transmit power) lebih besar berikut juga penerimanya gunakan penerima yang lebih sensitif/lebih peka (wifi menggunakan sistem 2 arah, berbeda dengan penerima TV yang hanya bersifat satu arah/receive saja).

(Baca juga: Cara Mengatasi Koneksi Internet Modem Sering Terputus/Diskonek)

Video pendukung diagram/radiasi pancaran sinyal antena wifi ( jika antena tegak lurus, maka arah sinyal terkuat akan kesamping melingkar yang bersumber dari tengah-tengah antena):

loading...

0 Response to "Cara Memaksimalkan Daya Pancar Modem Wifi"

Posting Komentar